Senin, 29 Oktober 2007

aRtikEL tEntang bi0meTrikS [5]

1.)Layar sentuhDari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia. Podium touchscreen
'Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris Touchscreens, touch screens, touch panels atau touchscreen panels adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.
Touchscreen sering dipakai pada kios informasi ditempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer.
Sistim touchscreen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.

2.)Pemkot Jakut Terapkan Absensi Sidik jari

Untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai, Pemerintah Kotamadya Jakarta Utara menerapkan absensi sistem sidik jari. Sistem ini mulai diberlakukan Januari 2007.
Absensi sidik jari ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan para pegawai. Dengan penerapan sistem ini, kinerja pegawai akan semakin meningkat. "Sistem absensi sidik jari ini sesuai dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta," kata Tjiknan Masruf, Kepala Bagian (Kabag) Kepegawaian Jakarta Utara kepada Beritajakarta.com, Senin (8/1).
Tjiknan menjelaskan, sistem pencatatan kehadiran berbasis biometrics (sidik jari) mampu menjawab permasalahan absensi. Sebab, dengan sistem ini para pegawai tidak bisa memanipulasi atau mamalsukan data kehadiran.
"Saat ini kami sedang merekam data dengan memasukkan nomor registrasi kepegawaian (NIRK) dan telapak tangan para pegawai. Jadi pegawai yang mencatatkan kehadirannya di sistem biometriks ini adalah benar-benar pegawai yang namanya tercantum dalam record komputer di database kepegawaian," jelasnya.
Absen sistem sidik jari ini, kata dia, sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sudah terbiasa, lanjut dia, setiap pegawai hanya membutuhkan waktu lima detik untuk mengakses sistem ini. Dan mereka cukup memasukkan PIN yang telah terekam dalam mesin tersebut. "Sekarang masih tahap percobaan. Sistem ini mulai diberlakukan awal Januari ini," katanya.
Untuk tahun ini, kata dia, pihaknya baru bisa menyediakan tiga mesin absensi sidik jari. Ketiga mesin itu akan melayani sekitar 650 pegawai di lingkungan Pemkot Jakarta Utara. "Khusus Blok P dan S, yang wajib melakukan absensi dengan sistem sidik jari ini hanya pimpinan unit, kepala Sub bagian, dan Kepala Seksi (Kasie)," jelasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, absensi sidik jari ini sebenarnya sudah banyak digunakan di masing-masing unit, tapi database di unit-unit tersebut tidak langsung dihubungkan dengan bagian kepegawaian, sehingga data hanya diketahui oleh pimpinan unit saja. "Bisa saja pimpinan unit melaporkan bahwa stafnya selalu masuk, padahal kenyataannya tidak," tuturnya.
Rencananya, absensi sidik jari ini juga akan diterapkan di setiap kecamatan dan kelurahan. Dan datanya langsung dihubungkan ke bagian kepegawaian dengan menggunakan sistem online. "Secara teknis absensi sidik jari ini memungkinkan untuk diterapkan di wilayah. Dengan adanya sistem ini diharapkan kinerja para pegawai dapat meningkat terutama dari sistem kehadiran," katanya.

3.)BiometrikDari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Biometrik (berasal dari bahasa Yunani bios yang artinya hidup dan metron yang artinya mengukur) adalah studi tentang metode otomatis untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih bagian tubuh manusia atau kelakuan dari manusia itu sendiri.
Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan utnuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk autentifikasi. Contohnya dalam pengenalan fisik manusia yaitu dengan pengenalan sidik jari, retina, iris, pola dari wajah (facial patterns), tanda tangan dan cara mengetik (typing patterns). Dengan suara adalah kombinasi dari dua yaitu pengenalan fisik dan kelakuannya.

4.)Sidik jari Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Sidik jari adalah gurat-gurat yang terdapat di kulit ujung jari. Fungsinya adalah untuk memberi gaya gesek lebih besar agar jari dapat memegang benda-benda lebih erat. Sidik jari manusia digunakan untuk keperluan identifikasi karena tidak ada dua manusia yang memiliki sidik jari persis sama. Hal ini mulai dilakukan pada akhir abad ke-19.
Sidik jari kaki bayi juga diambil di rumah sakit untuk identifikasi bayi,tergabung juga dalam sistem biometriks.

5.)Tanda tangan Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia. Tanda tangan dari John Hancock di Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat.
Tanda tangan (Inggris: signature berasal dari Latin: signare yang berarti "tanda") adalah tulisan tangan, terkadang diberi gaya tulisan tertentu dari nama seseorang atau tanda identifikasi lainnya yang ditulis pada dokumen sebagai sebuah bukti dari identitas dan kemauan. Tanda tangan berlaku sebagai segel,tergabung juga dalam sistem biometriks.

Tidak ada komentar: